Peningkatan Kapasitas Hukum Bagi Kades, Kejaksaan Banjarnegara Berikan Penerangan Hukum

By admin on 2022-01-14



BANJARNEGARA, Perdana di Tahun 2022, Kejaksaan Negeri Banjarnegara melaksanakan kegiatan Penerangan Hukum dalam rangka peningkatan Kapasitas Dibidang Hukum kepada Aparatur Kepala Desa dan Perangkat Desa Se Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara, kegiatan yang digelar di GOR Desa Biting Kecamatan Pejawaran, Kamis (13/012022).

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banjarnegara Yasozisokhi Zebua, SH selaku pelaksana kegiatan sekaligus pemateri dalam kegiatan diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Kasi Kesra dan Kaur Perencanaan di 17 Desa Se Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara. 

Kegiatan perdana ditahun 2022 namun ditahun 2021 telah melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penerangan hukum kepada Kades dan Perangkat Desa di 12 Kecamatan.

"Artinya Kecamatan Pejawaran merupakan Kecamatan Ke - 13 (tiga belas) yang telah dilaksanakan penyuluhan dan penerangan hukum oleh Kejaksaan Negeri Banjarnegara," ujar Kasi Intel Kejari Banjarnegara Zebua dalam keterangannya.

Dikatakan, Kegiatan Penerangan Hukum yang dilaksanakan khusus kepada Kades dan Perangkat Desa dalam rangka peningkatan Kapasitas Hukum dalam pengelolaan Dana Desa serta terkait ketentuan ketentuan hukum yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat pemerintahan desa.

" Serta sebagai langkah pencegahan penyimpangan atau pencegahan penyelewenangan dalam pengelolaan Dana Desa sehingga dapat terhindar dari perbuatan tercela secara khusus dari perbuatan korupsi," bebernya.

Dalam kesempatan pelaksanaan kegiatan, Kasi Intel Kejari Banjarnegara Yasozisokhi Zebua, SH juga memberikan sosialisasi Program Jaksa Garda Desa yang mana Kejaksaan berperan melakukan pengawasan juga dapat berperan melakukan pendampingan dalam pengelolaan Dana Desa. 

Dalam kegiatan turut hadir Camat Pejawaran Susianto, SKM., Danramil 16/Pejawaran Kapten Inf Sugiono, Kapolsek Pejawaran yang diwakili Kanit Binmas Aipda Karyono, serta Budi Sampurno selaku Ketua FKPD (Forum Komunikasi Perangkat Desa) Kecamatan Pejawaran.( Muzer/ Rls )