Hasil Munaslub PJI-2022 Ubah PJI Menjadi Persaja, Dan Bahas 5 Pokok Berikut ini

By admin on 2022-06-21


 

 

JAKARTA- Musyawarah Nasional Luar Biasa Persatuan Jaksa Indonesia (Munaslub PJI) Tahun 2022 pada Senin 20 Juni 2022 berlangsung di Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa,dengan tema “Kiprah Jaksa Untuk Negeri”.

Munaslub PJI kali ini juga melakukan pembahasan 5 pokok yang menjadi agenda yaitu:

1.    Pengesahan tata tertib Munaslub PJI Tahun 2022;

2.    Perubahan nama PJI menjadi PERSAJA;

3.    Penetapan kepanjangan akronim PERSAJA;

4.    Penetapan tanggal lahir PERSAJA;

5.    Penetapan lambang PERSAJA.

Adapun pembahasan 5 (lima) agenda tersebut, dipimpin langsung oleh Jaksa Agung Muda Intelijen dan Ketua Umum PJI Dr. Amir Yanto, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Ketua I Dr. Reda Manthovani, S.H. LL.M., Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Ketua II Dr. Asep Nana Mulayana, S.H. M.Hum., Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat dan Ketua III Dr. Masyhudi, S.H., M.H., dan Kepala Kejaksaan Tinggi D.I.Yogyakarta dan Sekretaris Umum Katarina Endang Sarwestri, S.H., M.H.

Dari hasil sidang telah ditetapkan, bahwa PJI mengalami perubahan nama (akronim) menjadi PERSAJA (Persatuan Jaksa Republik Indonesia) dengan ejaan baru, namun tetap membawa ruh yang terkandung dalam PERSADJA.

Selain itu, juga ditetapkan bahwa tanggal 6 Mei sebagai hari lahir PERSAJA dengan latar belakang momen sejarah Kongres Pertama PERSADJA diselenggarakan pada tanggal tersebut yakni 6 Mei 1951.

Sementara itu, lambang PERSAJA masih belum dapat ditetapkan dan masih berlangsung seleksi dan tahap pemilihan lambang. Penetapan lambang baru akan ditetapkan paling lambat dalam waktu 3 (tiga) bulan ke depan.

Selama masa transisi perubahan lambang, lambang PJI saat ini masih akan tetap tercantum pada tampilan dalam kegiatan yang berkaitan dengan PJI, bendera PJI, dan pin di Pakaian Dinas Harian (PDH) yang dikenakan oleh Jaksa.  

Bahwa kegiatan berlangsung dinamis dengan diskusi yang berlangsung secara virtual antara pengurus pusat PJI dengan para penasihat yaitu para Jaksa Agung Muda dan dengan pengurus-pengurus PJI daerah di seluruh Indonesia.

Sidang Munaslub PJI 2022 diselenggarakan secara hybrid baik peserta yang hadir secara langsung maupun yang hadir secara virtual melalui zoom meeting. Peserta virtual yang hadir melalui zoom meeting berjumlah sekitar 290 orang peserta, dan pengurus pusat yang hadir di tempat yaitu sekitar 30 orang pengurus.

Musyawarah Nasional Luar Biasa Persatuan Jaksa Indonesia Tahun 2022 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. ( Muzer/ Rls)