Pengenalan Hukum Sejak Dini, Kejari Banjarnegara Beri Penyuluhan Hukum Pelajar di SMA-N 1 Purwanegar

By admin on 2022-03-03


 

BANJARNEGARA- Kejaksaan Negeri Banjarnegara melalui Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) kembali memberikan penyuluhan dan sosialisasi hukum kepada pelajar siswa siswi di SMA Negeri 1 Purwanegara,Rabu ( 2/3/2022 )  kegiatan yang berlangsung di Gedung Olahraga ruang indoor terbuka pada SMA Negeri 1 Purwanegara Kabupaten Banjarnegara dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Banjarnegara Yasozisokhi Zebua, SH selaku pelaksana kegiatan sekaligus  pemateri dalam kegiatan penyuluhan hukum menyatakan bahwa Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) berupa penyuluhan dan sosialisasi hukum kepada pelajar merupakan salah satu tugas fungsi kejaksaan dalam peningkatan kesadaran hukum masyarakat secara khusus kepada pelajar.

Adapun tujuan kegiatan dimaksud untuk memberikan pengenalan hukum sejak dini kepada pelajar secara khusus kepada siswa siswi SMA Negeri 1 Purwanegara. Kasi Intel Kejari Banjarnegara Yasozisokhi Zebua, SH memberikan pemahaman terkait tugas fungsi dan kewenangan aparat penegak hukum termasuk terkait tugas fungsi dan kewenangan Kejaksan RI.

“ Memberikan pemahaman tentang hukum dari segi pengelompokan hukum dilihat dari sumber, bentuk, wilayah berlaku, fungsi, sifat dan isi nya,” ujar Yasozi dalam keteranganya yang diterima, Kamis ( 3/3/2022 ).

Pada kesempatan tersebut Kasi Intel  Yasozisokhi Zebua, SH juga memberikan pemahaman beberapa tindak pidana yang rawan terjadi dikalangan pelajar seperti tindak pidana berhubungan dengan ITE, Lalu Lintas, Narkotika, Senjata Tajam, Tawuran hingga Tindak pidana yang behubungan dengan Anak dibawah umur serta penanganan atau proses hukum terhadap anak yang berhadapan dengan hukum.

Kegiatan penyuluhan hukum sosialisasi hukum melalui Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang dilaksanakan oleh Tim dari Kejaksaan Negeri Banjarnegara ini diikuti sekitar 477 orang terdiri sebanyak 410 siswa perwakilan dari semua kelas dan sebanyak 67 guru dan pegawai pada SMA Negeri 1 Purwanegara.

 Sementara Kepala SMA Negeri 1 Purwanegara Drs. A. Junaid A, MM yang hadir ditengah tengah kegiatan JMS memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Kejari Banjarnegara atas pelaksanaan kegiatan yang sangat penting dan berharga ini.

Sebelum pelaksanaan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi hukum, Tim Satgas Gabungan Pengawasan PPKM memberikan pengarahan terkait Protokol Kesehatan dimasa PPKM Level 2 yang saat ini untuk Wilayah Kabupaten Banjarnegara. ( Muzer/ Rls )