Kejaksaan Terima Penyerahan Djoko Tjandra dari Bareskrim,Terpidana Langsung di Jebloskan ke Rutan Sa

By admin on 2020-08-01



JAKARTA – Kejaksaan Agung menerima penyerahan terpidana kasus hak tagih ( cessuei ) Bank Bali Djoko Tjandra dari Bareskrim Polri.Prises Penyerahan Djoko Tjandra dilakukan di Bareskrim dan ditandatangani oleh keduap penegak hukum. 

Penandatanganan penyerahan Djoko Tjandra dihadiri oleh Kabareskrim Komjen Listyo Sigit, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Reynhard Silitonga, dan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Ali Mukartono.

Penyerahan dilakukan di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (31/7/2020).

“Malam ini bahwa ada penyerahan terpidana kasus korupsi pengalihan cessie Bank Bali sesuai keputusan PK Mahkamah Agung Nomor 12/Pisus/2009 tanggal 11 Juni 2009 atas nama Djoko Soegiarto Tjandra,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keteranganya.

“Malam ini kita menyerahkan secara administrasi daripada terpidana kasus saudara Djoko Tjandra,” terangnya.

Sementara itu, Jaksa Agung Muda Piadana Khusus Ali Mukarrtono mengatakan Djoko Tjandra langsung dieksekusi malam ini ke rutan. Hari ini pula, status Djoko Tjandra sudah berubah menjadi terpidana atau penghuni Lapas.

“Hari ini pula kita lakukan eksekusi ke lapas. Dengan eksekusi ini, tugas Kejaksaan selesai. Dengan eksekusi ini, berubahlah status yang bersangkutan menjadi warga binaan,” ujar Ali Mukartono.

Pada kesempatan itu, Kabareskrim Polri Listyo juga turut menandatangani surat penyerahan kepada Kejagung. Setelahnya, diikuti penandatanganan oleh Jampidsus Ali Mukartono dan Dirjen Pas Reyhanrd Silitonga.

“Setelah ini yang bersangkutan akan ditempatkan di Rutan Bareskrim Polri, lanjutkan pemeriksaan-pemeriksaan terkait dengan kasus terkait surat jalan rekomendasi, juga lidik aliran dana,” ujar Komjen Listyo.

Setelah itu, Djoko Tjandra turut menandatangani surat penyerahan tersebut. Djoko Tjandra akan langsung dibawa ke Rutan Salemba Cabang Mabes Polri.

“Hari ini pula kita lakukan eksekusi ke lapas. Dengan eksekusi ini, tugas Kejaksaan selesai. Dengan eksekusi ini, berubahlah status yang bersangkutan menjadi warga binaan,” ujar Jampidus Ali Mukartono.

Djoko Tjandra akan dijebloskan di Rutan Salemba Cabang Mabes Polri.

Djoko Tjandra ditangkap pada Kamis (30/7) malam di Malaysia. Penangkapan ini dipimpin langsung oleh Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo atas perintah Kapolri Jenderal yang mana merupakan atensi langsung dari Presiden Joko Widodo.( Muzer/fb )