Sambut HBA ke 60,Kejaksaan RI Serentak Menggelar Bantuan Sosial

By admin on 2020-07-15


JAKARTA - Menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke -60 yang jatuh pada 22 Juli 2020 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke -20 tahun 2020, Kejaksaan seluruh Indonesia secara serentak menyerahkan paket bantuan sosial.
Dengan jumlah keseluruhan dengan  Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri  se-Indonesia sebanyak 50 ribu lebih  paket sembako dari Kejati dan Kejari yang sempat melaporkan sebanyak  24 (dua puluh empat) Kejaksaan Tinggi dan 300 (tiga ratus) lebih Kejaksaan Negeri.
Jaksa Agung RI, Dr Sanitiar Burhanuddin menyebut penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Kejaksaan dan IAD untuk membangun semangat kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan perhatian.

“Untuk itu, saya sangat menyambut baik setiap kali diadakan kegiatan seperti ini,” ujar Burhanuddin pada acara Bhakti Sosial di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (15/07/2020), yang disiarkan langsung secara virtual ke kantor kejaksaan di seluruh Indonesia.

Jaksa Agung Burhanuddin mengatakan, kegiatan mulia ini sejatinya menunjukkan tentang hakikat manusia sebagai mahluk sosial. Aksi solidaritas ini pada dasarnya meletakkan manusia dalam interaksi saling membutuhkan antar sesamanya dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.

“Terlebih di tengah pandemi Covid -19 yang berimbas kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu, maka sudah sepatutnya hal ini mendorong kita untuk lebih peka, seraya memberikan kontribusi nyata dalam membantu serta meringankan beban mereka yang dilanda kesulitan,” ucapnya.

Menurut Jaksa Agung, momentum ini sepatutnya memicu tumbuhnya kesadaran bersama untuk membangun karakter manusia yang berguna. Karakter manusia yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan di sekitarnya, walau sekecil apapun itu, dalam rangka membangun kehidupan yang lebih baik. 

“Untuk itu, saya berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti sebatas seremonial dalam rangka memperingati hari besar tertentu saja, namun sedianya merupakan agenda yang diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan sebagai bagian dari pelayanan terhadap masyarakat,” tutur Burhanuddin.

Usai memberikan sambutan, Jaksa Agung Burhanuddin secara simbolik memberikan paket sembako kepada beberapa perwakilan masyarakat. Pada saat yang sama jajaran kejaksaan di seluruh Indonesia juga menyerahkan paket sembako.

Ikut hadir menyaksikan penyerahan paket sembako secara simbolik itu, antara lain Ketua Umum IAD Pusat, Ny Sruning  Burhanuddin, Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi, para Jaksa Agung Muda (JAM) Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI dan sejumlah pejabat Eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung.

Rangkaian kegiatan Bhakti Sosial menyambut HBA ke -60 dan HUT IAD ke -20 juga diisi dengan ceramah agama"Ideologi Pancasila Dalam Perspektif Agama Islam"   oleh Kyai Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah  yang berlangsung di Sasana Andrawina Kejaksaan Agung.( Muzer )