RSU ADHYAKSA Menerima Bantuan APD COVID -19 dari Menteri BUMN

By admin on 2020-03-30

JAKARTA- Rumah Sakit Umum ( RSU ) Adhyaksa di Ceger menerima bantuan APD ( Alat Pelindung Diri ) Covid-19 dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ).

Bantuan tersebut di serahkan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Tohir kepada Jaksa Agung RI ST.Burhanuddin di Kejaksaan Agung RI, Jakarta,Senin ( 30/3/2020 ) petang.

Kementerian BUMN memberikan bantuan berupa  APD (Alat Pelindung Diri) Covid - 19,Adapun bantuan ADP yang diserahkannya antara Lain isolation coverall set, paket NI Prima Protect + HandSanitizer @ 500 ml, paket Nitrile Chemical Gloves / Hand Scoon, masker surgical 3 ply,  nurse cap dan  Viral Transport Medium (VTM).

Kemudian oleh Jaksa Agung RI bantuan APD Civid – 19 dari Kementeriaan BUMN tersebut di serahkan kembali kepada Direktur Utama Rumah Sakit Umum (RSU) Adhyaksa Jakarta dr. Dyah Eko Judihartanti, MARS.

APD Covid – 19 tersebut diperlukan sebagai upaya mengantisipasi peningkatan kasus Covid – 19 di wilayah Provinsi DKI Jakarta, dimana sebelumnya RSU Adhyaksa Jakarta telah membentuk Posko Pelayanan Penanggulangan Penyebaran Covid – 19 dengan mendirikan 2 (dua) tenda di halaman parkir, yang terdiri dari 1 (satu) tenda untuk screening / sterilisasi dan 1 (satu) tenda untuk ruang perawatan isolasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan kapasitas 20 (dua puluh) bed dengan tujuan agar pasien tidak masuk di ruang poli rumah saksi dan jika ternyata pasien dipastikan terinfeksi Covid – 19 pasien akan diteruskan atau dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan.

Pada kesempatan itu, Jaksa Agung RI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri BUMN yang telah memberikan bantuan APD Covid – 19 kepada RSU Adhyaksa Jakarta, dimana APD yang diterima akan langsung digunakan oleh tenaga medis dan para medis dalam menangani pasien, baik yang termasuk katergori Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Sebagaimana dilaporkan oleh Direktur Utama RSU Adhyaksa dr. Dyah Eko Judihartanti, MARS. melalui WhatAp sejak wabah Covid – 19 merebak di Jakarta.

RSU Adhyaksa di Ceger Jakarta Timur telah sudah menangani pasien dengan dugaan terpapar / terinfeksi Covid – 19 sebagai berikut :
Orang Tanpa Gejala / OTG   sebanyak  1 (satu) orang pasien ;
Orang Dalam Pemantauan / ODP sebanyak  40 (empat puluh) orang pasien ;
Pasien Dalam Pengawasan / PDP sebanyak 24 (duapuluh empat) orang pasien l.

Sedangkan pasien yang sedang dirawat di ruang rawat inap saat ini sebanyak 4 (empat) orang pasien dan 2 (dua) orang pasien dipantau di tenda Posko. Dan sebelumnya RSU Adhyaksa telah merujuk 4 (empat) orang pasien ke Rumah Sakit Rujukan, 2 (dua) orang pasien meninggal dunia dan 1 (satu) orang pasien pulang Atas Permintaan Sendiri (APS).( Muzer )