Jaksa Agung Ke 22 Basrief Arief Pimpin Ujian Seleksi Calon KKRI Periode Tahun 2019-2023

By 2 on 2019-07-09

JAKARTA-Calon-calon Komisioner yang terpilih diharapkan akan melakukan tugas sebagai Komisioner masa jabatan tahun 2019-2023  sebagaimana yang diatur dalam Perundang-undangan yaitu Melakukan pengawasan, pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku Jaksa dan/atau pegawai Kejaksaan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Hal itu disampaikan oleh Basrief Arief selaku Ketua Panitia Seleksi Calon anggota Komisi Kejaksaan Republik Indonesia ( KKR) ) Periode tahun 2019-2023 pada pembukaan ujian seleksi kompetensi calon Komisioner yang berlangsung di Gedung Wira Badan Diklat Kejaksaan RI,Jakarta,Kamis (5/7/19 )

 Mantan Jaksa Agung menegaskan,KKRI punya kewenangnan untuk melakukan pengawasan, pemantauan dan penilaian terhadap perilaku Jaksa dan/atau pegawai Kejaksaan baik di dalam maupun di luar tugas kedinasan.

“Melakukan pemantauan dan penilaian atas kondisi organisasi, tata kerja, kelengkapan sarana dan prasarana, serta sumberdaya manusia di lingkungan Kejaksaan,” ujar Basrief Arief.


Dalam kesemptan ini mantan Jaksa Agung RI ke 22 mengapresiasi Kepala Kaban Diklat Kejaksaan RI dan jajarannya yang telah menyediakan tempat untuk melakukan kegiatan ini.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badiklat Kejaksaan Agung RI serta rekan-rekan Panitia yang telah membantu dalam penyelenggaraan kegiatan ini,”ujarnya.

Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka menyeleksi dan menentukan nama calon anggota Komisi Kejaksaan Republik Indonesia masa jabatan tahun 2019-2023 dari unsur masyarakat.

Seleksi dan Ujian Kompetensi ini di hadiri oleh 77 peserta dari unsure masyarakat yang telah dinyatakan lulus seleksi tahap admistrasi dari 88 pendaftar.

Basrief berharap dari 77 peserta yang tersaring dan akan mengikuti tes Seleksi Psikotes, Uji Publik dan wawancara serta kesehatan sehingga pada akhirnya akan terpilih 6 (enam) orang dari unsure masyarakat sebagai Komisioner Komisi Kejaksaan RI.

“Selamat mengikuti Seleksi dan semoga mendapatkan hasil yang terbaik,” pungkas Basrief Arief.

Pada kesempatan yang sama seusai membuka Seleksi Calon KKRI Basrief Arief di damping Wakil Jaksa Agung Arminsyah,Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi dan Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan Tony Spontana meninjau Museum Adhyaksa dengan mengamati barang-barang koleksi Museum Kejaksaan  pertama yang ada di Badan Diklat Kejaksaan RI. ( Muzer )