Tahun ini, Dir C JAM Intel Buru Aset Rp 1,6 T

By admin on 2019-10-09

JAKARTA,suaramerdeka.com-Tahun ini, Direktorat C pada Jaksa Agung Muda (JAM) Intelijen tengah memburu aset 39 koruptor untuk mengembalikan kerugian negara Rp 1,6 triliun (T) atas permintaan Jaksa Agung Muda (JAM) Pidana Khusus. Tahun ini, Direktorat C pada JAAM Intel telah berhasil menyita 32 unit kendaraan roda empat, 37 unit kendaraan roda dua, 75 bidang tanah dan bangunan.

Direktur C pada JAM Intelijen, Chairul Amir mengungkapkan, penelusuran aset itu dilakukan untuk membongkar aset milik koruptor yang disembunyikannya. Di antaranya milik terpidana Haman Al Idrus yang divonis mengembalikan kerugian negara Rp 1,4 T. "Salah satu terpidana dari 39 terpidana itu atas naama Haman Al Idrus yaang harus mengembalikan kerugian negara Rp 1,4 T," ujar Chairul di Kejaksaan Agung, Rabu (9/10).

Dia menjelaskan, pihaknya hanya bertugas menelusuri aset milik terpidana yang belum teridentifikasi selama proses penyidikan sampai ke proses persidangan. Hasil identifikasi ataupun temuan aset milik terpidana itu telah diserahkan kepada JAM Pidsus.

Chairul mengatakan, aset yang telah disita itu belum dilakukan nilainya karena bukan kewenangannya untuk menaksir atau menilai aset yang telah disita. "Itu nanti tugas jaksa eksekutor yang menghitung," ujar Chairul. (Nurokhman)