Dipimpin Wakil Jaksa Agung,Proses Uji Publik Calon Kajati Tipe A Disiarkan Secara Live Melalui Chan

By admin on 2020-11-05


JAKARTA-Wakil Jaksa Agung RI. Setia Untung Arimuladi,selaku Ketua Panitia Seleksi Jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi Berkualifikasi Pemantapan Tahun 2020,memimpin proses Uji Publik Seleksi Jabatan Calon Kepala Kejaksaan Tinggi Kelas A yang disiarkan secara live ( langsung ) streaming melalui Chanel YouTube, berlangsung di Gedung Wira,Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI,Jl. Harsono RM, Ragunan,Jakarta,Rabu ( 4/11/2020)

Proses Uji Publik calon Kepala Kejaksaan Tinggi Berkualifikasi Pemantapan diikuti oleh 6 (enam) orang Jaksa yang menduduki jabatan struktural eselon II a yang telah berhasil lolos tahap ketiga.

Menurut hasil pemantauan selama proses uji publik berlangsung diketahui, bahwa pada proses ini masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan  makalah yang dibuat selama 15 (lima belas) menit yang kemudian ditanggapi dan dipertajam oleh Tim Penilai yang masing-masing mendapat giliran selama 15 (lima belas) menit. 

Tim Penilai yang terdiri dari Unsur Pimpinan Kejaksaan RI dan Unsur Institusi terkait diantaranya Wakil Jaksa Agung RI,Jaksa Agung Muda Pembinaan,
Jaksa Agung Muda Pengawasan,Ketua Komisi Kejaksaan RI dan Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sebelum  Uji Publik dimulai panitia seleksi lebih dulu mengocok pengundian urutan yang tampil memberikan pemaparan (sesi wawancara) dari masing-masing peserta Seleksi Jabatan calon Kepala Kejaksaan Tinggi Berkualifikasi Pemantapan Tahun 2020.

Kemudian hasil daripada pengundian urutan telah diatur berdasarkan urutan dan alokasi waktu,berikut nomor urutannya,Sesi 1 dari pukul 09.30 WIB s/d 11.00 WIB peserta atas nama Febrie Adriansyah ( Direktur Penyidikan pada JAM Pidsus )
• Sesi 2 dari pukul 11.00 WIB s/d 12.30 WIB peserta atas nama Ida Bagus Nyoman Wismantanu ( Direktur Penuntutan pada JAM Pidsus).
• Sesi 3 dari pukul 13.00 WIB s/d 14.30 WIB peserta atas nama Idianto ( Direktur Pengawalan Pembangunan Strategis Nasional pada JAM Intel ).
• Sesi 4 dari pukul 14.30 WIB s/d 16.00 WIB peserta atas nama M. Rum ( Direktur Eksekusi pada JAM Pidsus )
• Sesi 5 dari pukul 16.00 WIB s/d 17.30 WIB peserta atas nama Raden Febrytriyanto ( Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara )
• Sesi 6 dari pukul 18.45 WIB s/d 20.15 WIB peserta atas nama Mia Amiati ( Kepala Kejaksaan Tinggi Riau )

Bertindak sebagai moderator atau pengatur acara Uji Publik Sekretaris Jaksa Agung Muda Pembinaan Sartono, dan Kepala Biro Kepegawaian Katarina Endang Sarwestri.

Hasil daripada Seleksi Jabatan tersebut (jika memenuhi nilai standar kelulusan) akan digunakan untuk mengisi jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi Berkualifikasi Pemantapan yang telah ditentukan oleh Jaksa Agung RI sebanyak 7 (tujuh) yakni Kepala Kejaksaan Tinggi   Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Seleksi Jabatan calon Kepala Kejaksaan Tinggi Berkualifikasi Pemantapan tersebut dapat terlaksana berkat kerja sama Kejaksaan Agung dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pelaksanaan Uji Publik ini dilakukan secara transparan yang dapat disaksikan masyarakat di Badan Diklat Kejaksaan RI secara langsung melalui live streaming di chanel youtube.

Proses seleksi jabatan calon Kepala Kejaksaan Tinggi Berkualifikasi Pemantapan tahun 2020 tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan covid 19, antara lain sebelum masuk ke ruangan seleksi harus mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer, memakai masker, memperhatikan jarak aman dan keluar dari ruang seleksi harus mencuci tangan kembali dengan menggunakan hand sanitizer.
( Muzer)